![]() |
Foto: Istimewa |
Penulis Rifda Najmi Fuad, M.Si Guru Matematika SMK-SMAK Padang:
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dituangkan dalam Permendikbud No 18 Tahun 2016 mengenai Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Peserta Didik baru menyatakan bahwa pengenalan lingkungan sekolah dimaksudkan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional Menurut Undang-undang No 20 Tahun 2003 tenrkart Sister Pendidikan Nasional , tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang menghasilkan dalam rangka mencerdaskan kehidupan umat serta bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif , mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab
Oleh karena itu, pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru perlu dilakukan dengan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan.
MPLS merupakan kegiatan pertama yang diikuti oleh peserta didik baru ketika masuk sekolah untuk program pengenalan, sarana dan prasarana yang ada di sekolah, cara belajar yang efektif, penanaman konsep pengenalan diri, dan pelatihan awal kultur sekolah Dari ceramah kegiatan tersebut, peserta didik baru tidak hanya dikenalkan dari sisi fisika sekolah barunya akan tetapr juga pengenalan sekolah yang bersifat non fisik Sesuai dengan Pemendikbud No 18 Tahun 2016 menyatakan bahwa penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif serta menyenangkan. Kegiatan MPLS dilarang keras mengarah pada perpeloncoan atau tindakan kekerasan fisik lainnya.
Adapun tujuan dari kegiatan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru,antara lain:
1. Mengenali potensi diri peserta didik baru,
2.Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah,
3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara elajar efektif sebagai peserta didik baru,
4. Berinteraksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya,
5. Menumbuhkan perilaku positif, antara kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memilki nilai integntas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
Pada kegiatan MPLS peserta didik baru tahun ajaran 2023 2024, penulis diminta untuk menjadi pematen dalarn agenda bridging course matematika yang dimaksudkan untuk penyamaan persepsi siswa baru terhadap materi matematika dasar yang sudah mereka pelajari ketika duduk di bangku SMP Berbicara di depan 250 orang peserta belajar baru bukanlah hal yang mudah mengingat bahwa tidak semua mereka mahir dalam matematika Untuk menank perhatian peserta didik baru, penulis menampilkan materi dalam bentuk power point yang didesain dengan aplikasi Canva. Desain yang berwama ditambah stiker stiker yang bergerak dapat menimbulkan rasa jenuh dan bosan mereka selama maten bedangsung
Diantara materi yang disampaikan, penulis juga memberikan latihan soal dalam bentuk aplikasi Quizizz, jadi peserta didik cukup mengerjakan soal-soal yang diberikan langsung dari HP mereka masing-masing. Cara tersebut sangat membuat mereka tertarik dan bersemangat dalam mengerjakan latihan soal yang diberikan Menggunakan aplikasi Quizizz, penulis tidak perlu direpotkan untuk mengukur manual karena peserta didik yang mendapatkan nilai tertinggi dari soal-soal yang dikerjakan langsung bisa ditampilkan